Mungkin kita pernah dilarang saat kita meniup air minum yang masih panas, oleh orang tua kita ataupun oleh kakak kita. tahukah kamu efek dari meniup air minum yang masih panas itu terhadap kesehatan tubuh kita.?

Nabi muhammad.saw melarang keras sahabatnya untuk meniup air minum yang masih panas.
namun setiap sahbatnya bertanya, mengapa sang nabi melarangnya,? nabi tidak pernah memberikan penjelasan. namun beliau selalu melarang keras jika terdapat sahabatnya yang meniup air minum yang masih panas.


seperti yang telah di riwayatkan turmudzi di bawah. 
“Bahwasanya Nabi Shallallaahu alaihi wa Salam melarang bernafas pada bejana minuman atau meniupnya”. (HR. At Turmudzi dan dishahihkan oleh Al-Albani).

dari Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhuma bahwasanya Nabi s.a.w. melarang kalau ditarik nafas dalam wadah (tempat minum) atau ditiupkan di dalamnya.” Diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dan ia mengatakan bahwa ini adalah hadits hasan shahih.
Jadi kita dilarang menarik napas dan mengeluarkan napas, baik dari hidung maupun dari mulut ke dalam gelas yang kita gunakan untuk minum. Rasulullah SAW adalah utusan Allah SWT, tentu yang Beliau sampaikan ada manfaatnya untuk umatnya.
namun setelah dikaji scara ilmiah. ternyata larangn nabi ini bukan tanpa alasan. bahwa secara kimia napas manusia mengeluarkan CO2 dan gas ini dapat terlarut ke dalam air di makanan menghasilkan asam karbonat (Catatan di teks H2CO3 ditulis sebagai asam cuka). Kutipannya adalah sebagai berikut ;
“Secara teori kimia bahwa: apabila kita hembus napas pada minuman, kita akan mengeluarkan CO2 yaitu Karbon Dioksida, yang apabila bercampur dengan air H20 (uap air) , akan menjadi H2CO2, yaitu sama dengan cuka, menyebabkan minuman itu menjadi acidic.

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam menyuruh kita ketika minum seteguk demi seteguk, jangan langsung satu gelas sambil bernapas di dalam gelas , hal ini juga dilarang, ternyata saya baru tahu sekarang hikmahnya, bahwa ketika kita minum langsung banyak, maka ada kemungkinan kita akan bernapas di dalam gelas, yang akan menyebabkan reaksi kimia seperti di atas. “
Ternyata dalam penelitian sains, air panas (H2O) yang bertemu dengan karbondioksida (CO2) yang dihembuskan oleh mulut,
maka akan menghasilkan persenyawaan H2CO3 (asam karbonat). Dan jika asam karbonat itu masuk dalam tubuh manusia,maka dapat menyebabkan penyakit jantung.

Subhanallah semoga itu dapat menambah wawasan kita dan lebih bijak mengikuti sunnah sunnah beliau. dan
semoga artikel ini bermanfaat. silahkan di share kepada teman-teman kalian agar mereka juga mengetahui akibat dari meniup air minum yang masih panas. memang terlihat sepele namun sangat berbahaya